Isu Gunung Purba “Nglanggeran” Aktif Kembali

Gunug Nglanggeran atau kadang disebut gunung wayang (karena menurut cerita dijaga oleh punakawan), bener gak ya?he…. Gunung ini merupakan gunung jinak (udah gak aktif), memang menurut sejarah sekitar 60 juta tahun yang lalu merupakan gunung aktif, tapi bukan berarti tidak bisa nonaktif kan?

Berikut Profil Gunung Nglanggeran:
-Terletak di Desa Nglanggeran Patuk Gunungkidul dengan ketinggian sekitar 200-700 mdpl
-Merupakan bekas gunung api purba dan pernah aktif sekitar 60 juta tahun lalu.
-Menjadi objek wisata terutama para pecinta alam
-Pada masa jepang gunung ini menjadi tempat persembunyian, memilki mata air yang tidak pernah kering.
-Diyakini bahwa rembesan telaga berasal dari telaga mistik telaga wungu.

Beberapa hari yang lalu warga dihebohkan dengan suara gemuruh yang datangnya pun tidak jelas dari mana, sebagian warga patuk dan sekitar tambalan bahkan sudah bersiap-siap kalau ada apa-apa akan segera melarikan diri, suara gemuruh ternyata juga dirasakan warga wonosari, dan sekitar piyungan.

Berita bahwa media online nasional mengatakan terlihat asap ternyata dibantah warga nglanggeran, mereka justru tidak melihat apa-apa, BPPTK menyatakan bahwa itu perlu dikaji dulu, karena kalaupun keluar asap belum tentu itu asap vulkanik. Bisa saja asap metan yang keluar. Memang untuk membuktikan tulisan media online nasional tersebut benar atau tidak perlu dikaji lagi. Akibat gempa dimungkinkan adanya rongga yang bisa menyebabkan keluarnya gas metan, jadi bukan akibat aktivitas vulkanik.

So… sodara-sodaraku gak sah khawatir, saya juga warga piyungan, dan gak perlu takut, semua udah ada yang ngatur, Allah SWT akan memberikan jalan dan perlindungan bagi kita, amin. Semua adalah atas ketentuan dan kehendak Allah. Jadi kenapa harus takut?

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Modern Warfare 3