Merapi awas

Status merapi dari satu hari sebelumnya telah naik, seluruh warga diharapkan siap-siap untuk melakuykan pengungsian ketempat yang lebih aman. Sri Sultan pun menyatakan tanggap darurat atas situasi ini. kemarin sore sekitar pukul 17.02 merapi mulai mengeluarkan kekuatannya dengan menyemburnya awan panas disertai dengan material vulkanik, beberapa jam sekitar kawasan magelang terjadi hujan abu. warga yang terjebak sampai malam hari belum terevakuasi sempat terjadi kontak. tapi seperti sudah ditakdirkan oleh yang maha kuasa, semalem telah ditemukan korban akibat keperkasaan merapi.

Sejarah merapi
Merapi adalah nama sebuah gunung berapi di Provinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta, Indonesia yang masih sangat aktif hingga saat ini. Gunung ini merupakan gunung termuda dalam kumpulan gunung berapi di bagian selatan Pulau Jawa. Letusan di daerah tersebut berlangsung sejak 400.000 tahun lalu, dan sampai 10.000 tahun lalu jenis letusannya adalah efusif. Setelah itu, letusannya menjadi eksplosif, dengan lava kental yang menimbulkan kubah-kubah lava.

Tahun 2006 lalu pun telah terjadi letusan, bahkan banker yang diperuntukan untuk perlindungan justru mengubur 2 relawan didalamnya. inilah keadaan alam sekitar gunung berapi, tanah yang subur tapi juga berbahaya.

Pada pagi ini oktober 2010 kembali gunung merapi menelan korban jiwa, termasuk juru kunci merapi mbah maridjan. Para korban rata-rata merupakan warga Kinahrejo dan Kaliadem. Korban mengalami sesak nafas, patah tulang,dan luka bakar antara 40% hingga 90%. Beberapa di antaranya harus dirujuk ke Rumah Sakit Sardjito karena mengalami luka bakar lebih dari 40%. Jumlah korban jiwa sampai pagi tadi 16 orang.

Refleksi bagi kita semua, keadaan alam yang semakin lama tidak menentu, baru kemarin gempa padang yang kembali mengguncang, banjir yang melanda dibanyak daerah, gunung merapi meletus. Begitu banyak kejadian alam menunjukan ada yagn salah dengan pola hidup kita, mungkin kita terlalu menganggap kita hebat, kesombongan dimuka bumi, hancur lah manusia karena kesombongannya sendiri... Allah maha tau atas segala sesuatu.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Modern Warfare 3