Garuda Di Dadaku Digugat

Timnas sepakbola dari kemarin mengalami tekanan, meskipun itu disadari atau tidak. Sebuah layangan guguatan yang dilancarkan karena penggunaan lambang burung garuda pancasila di kaos timnas Indonesia. Pro dan kontra dan perdebatan marak terlihat di media elektronik. Entah ini benar atau tidak bagi beberapa orang hal ini menggelikan, karena timnas sedang butuh support alias dukungan dari bangsa ini untuk menunjukkan prestasinya di kancah persepakbolaan asia. Tapi apa yang telah terjadi?

Berbagai alasan digunakan untuk mengajukan gugatan, dan berbagai alasan pula bantahan, yang jelas ini adalah kejadian yang aneh bagi bangsa ini. Berkobarnya semangat timnas yang beberapa kali tanding mampu melibas musuh2nya dengan skor telak kali ini dihadapkan oleh masalah dari bangsa ini. Apakah ini merupakan sebuah kejadian yang wajar? Ataukah ada sesuatu dibalik semua ini?

Lambang Garuda yang dipasang di dada kaos tim telah berakibat seperti ini, padahal menjadi sebuah kebanggaan timnas ketika bisa mencium lambang garuda saat berhasil memenangkan pertandingan. Kalaulah memang membuat lambang garuda tercederai tentu menurut saya dari sisi mana tercederai, karena sungguhpun kena keringat pemain, justru itu menjadi semangat yang mengobarkan impian mencapai kemenangan.

Kalau memang mau berdebat tentulah panjang. Selama ini burung garuda sebagai lambang Negara banyak diperjualbelikan, justru tidak diapa-apakan, karena mungkin kecil apa ya?sensasi aja kah? Untuk timnas tercinta, semangatlah kalian, berjuang dan tunjukkan bahwa tim Indonesia mampu tampil gemilang di persepakbolaan asia. Urusan garuda yang diperdebatkan biar diurus orang-orang yang berkompeten, saya dukung kalian 100%. Say pun bangga melihat timnas menjadi tim yang diperhitungkan. Dan saya pun bangga memiliki lambang Negara burung garuda, saya yakin timnas memakai lambang burung garuda juga karena rasa bangga mereka terhadap bangsa ini. Timnas juga ingin menunjukkan bahwa tim garuda adalah tim Indonesia yang tidak dapat dianggap remeh.

KPK Ayo Bangkit

Korupsi, kata yang selalu mendengung-dengung di negeri kita tercinta, tiada hari kecuali berita sekitar korupsi. Penegakan hokum yang lemah serta mental manusia yang semakin merosot membuat korupsi semakin menjamur. Meski presiden selalu mengatakan berantas korupsi tapi kalau penegakan hukumnya lemah tentu akan sulit terwujud. Setiap peristiwa bahkan dibawa ke ranah politik yang jika didengarkan semakin rumit menentukan mana sebenarnya yang benar. Negeriku tercinta, apa yang terjadi denganmu? Kau telah tercemar oleh tangan-tangan perusak bangsa.

Langkah-langkah pemandulan KPK sebagai salah satu upaya untuk membebaskan diri agar bisa bebas bergerak dan beraksi terus terjadi, dari kasus Pak Bibit dan Pak Candra sungguh terlihat jelas adanya pelemahan KPK. Padahal lembaga ini masih sangat diandalkan dibanding dengan lembaga-lembaga lain. Masyarakat masih sangat menaruh harapan terhadap kinerja KPK dalam mengungkap dan membeberkan kejahatan korupsi. Korupsi bukanlah tindakan orang besar dan berkuasa saja, tapi memang karena orang besar bisa memperoleh lebih besar. Orang kecil pun sering terlihat melakukan korupsi, tapi tentu jauh lebih kecil yang dikorupsi. Perbedaan ini justru berbalik dengan hukumnya, ketika orang kecil terbukti sangatlah mudah dipenjarakan, ketika orang kaya tentulah lebih sulit dipenjarakan, padahal korupsi lebih besar.

Maraknya terjadi kasus korupsi menunjukkan bahwa hokum di Indonesia masih lemah, pengawasan juga masih lemah. Slogan yang sering disampaikan presiden tentu tidak akan bisa tercapai mengenai pemberantasan korupsi kecuali para aparat penegak hokum melakukan pengusutan tanpa tebang pilih. Saat ini KPK telah menajamkan mata pisaunya, kita berharap terpilihnya anggota sekaligus ketua KPK baru ini membuat para korupsi ngacir dan kasus-kasus serupa akan terhenti. Keposlisian pun memiliki pemimpin baru, juga kejaksaan, tentunya dengan kepemimpinan-kepemimpinan yang baru masyarakat berharap agar semakin tajam mata pisau penegakan hokum sehingga semua jenis kejahatan dapat diberantas.

Mulai dari kasus yang kecil hingga yang besar perlu perhatian serius, gak hanya ngurusi perut tapi ngurusi bangsa agar rakyatnya makmur. Semangat wahai para penegak hukum pemberantas kejahatan termasuk korupsi. Banyaknya kejadian dari bencana yang bertubi-tubi serta rendahnya moral para koruptor mungkin saling berhubungan, kemerosotan moral bangsa mungkin juga menjadi sebab. Allah murka kah?sehingga bangsa ini banyak masalah?semoga yang terbaik untuk bangsa ini.

Pesen:
Sebagai rakyat kecil kami berharap dan selalu memberi dukungan meski hanya sebatas do’a, semoga para pemberantas kejahatan sejati (apapun kejahatannya). Yakinlah bahwa Allah bersama orang-orang yang serius dalam jalan yang baik. Kejahatan akan hancur. Insya Allah….

Lagi-Lagi Orang Kecil Jadi Korban

Berita yang sering menghebohkan bangsa Indonesia, dari bencana alam, kerusuhan, demo, sampai dengan masalah tenaga kerja di luar negeri. Baru-baru ini digemparkan dengan menguaknya kasus kekerasan terhadap tenaga kerja Indonesia di luar negeri. Serba salah memang ketika bicara mengenai TKI. Pengalaman dan pengetahuan yang kadang minim membuat tenaga kerja kita di luar negeri sering menjadi korban kekerasan oleh majikan. Sebagian besar hal ini dialami oleh para wanita. Harus menjadi koreksi terus menerus bagi para TKI dan pemerintah untuk berusaha mencegah kembali terjadinya kekerasan ini.

Bentuk kekerasan macam-macam, dari kekerasan fisik seperti dipukul, dipecut, disiram air panas, diseterika, ataupun kekerasan psikis seperti tidak dibayarkan gajinya, dan lain-lain. Begitu banyak kejadian anehnya tetep banyak yang tertarik untuk bekerja di luar negeri, meski dengan resiko yang sangat besar. Iming-iming gaji yang jauh lebih besar tentu membuat semangat tersendiri bagi para calon TKI. Pemerintah pun berusaha untuk memfasilitasi para TKI, tapi kelengahan tentu saja mungkin terjadi. Kegiatan pelatihan dan penambahan pengetahuan bagaimana di negeri orang tentu sudah diupayakan.

Menurut saya tidak semua bisa dilakukan pemerintah sendiri, tapi peran serta masyarakat terutama para calon TKI sangat diperlukan, paling tidak mereka harus paham betul seluk-beluk di negeri orang, bagaimana jika terjadi sesuatu, harus melapor kemana, dan sebagainya. Artinya antara pemerintah dan masyarakat harus bersama-sama untuk mencegah kejadian-kejadian serupa kembali terulang. Diharapkan agar para calon TKI melewati jalur yang benar agar bias dimonitor oleh pemerintah akan keberadaannya. Tentunya hal tersebut akan mempermudah pengawasan oleh pemerintah.

Semoga sekian banyak kejadian yang menimpa para TKI kita di luar negeri menjadi koreksi kita secara terus menerus untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik. Dan alangkah baiknya jika sumber daya manusia yang ada tetap berada di negeri sendiri untuk membangun dan bekerja di negeri sendiri. Tidak ada kesia-sia an jika kita mau berusaha secara sungguh-sungguh.

Isu Gunung Purba “Nglanggeran” Aktif Kembali

Gunug Nglanggeran atau kadang disebut gunung wayang (karena menurut cerita dijaga oleh punakawan), bener gak ya?he…. Gunung ini merupakan gunung jinak (udah gak aktif), memang menurut sejarah sekitar 60 juta tahun yang lalu merupakan gunung aktif, tapi bukan berarti tidak bisa nonaktif kan?

Berikut Profil Gunung Nglanggeran:
-Terletak di Desa Nglanggeran Patuk Gunungkidul dengan ketinggian sekitar 200-700 mdpl
-Merupakan bekas gunung api purba dan pernah aktif sekitar 60 juta tahun lalu.
-Menjadi objek wisata terutama para pecinta alam
-Pada masa jepang gunung ini menjadi tempat persembunyian, memilki mata air yang tidak pernah kering.
-Diyakini bahwa rembesan telaga berasal dari telaga mistik telaga wungu.

Beberapa hari yang lalu warga dihebohkan dengan suara gemuruh yang datangnya pun tidak jelas dari mana, sebagian warga patuk dan sekitar tambalan bahkan sudah bersiap-siap kalau ada apa-apa akan segera melarikan diri, suara gemuruh ternyata juga dirasakan warga wonosari, dan sekitar piyungan.

Berita bahwa media online nasional mengatakan terlihat asap ternyata dibantah warga nglanggeran, mereka justru tidak melihat apa-apa, BPPTK menyatakan bahwa itu perlu dikaji dulu, karena kalaupun keluar asap belum tentu itu asap vulkanik. Bisa saja asap metan yang keluar. Memang untuk membuktikan tulisan media online nasional tersebut benar atau tidak perlu dikaji lagi. Akibat gempa dimungkinkan adanya rongga yang bisa menyebabkan keluarnya gas metan, jadi bukan akibat aktivitas vulkanik.

So… sodara-sodaraku gak sah khawatir, saya juga warga piyungan, dan gak perlu takut, semua udah ada yang ngatur, Allah SWT akan memberikan jalan dan perlindungan bagi kita, amin. Semua adalah atas ketentuan dan kehendak Allah. Jadi kenapa harus takut?

Presiden Obama-SBY

Rencana kedatangan Presiden AS Obama yang sudah tertunda sebanyak 2 kali karena beberapa alasan, akhirnya direncanakan tanggal minggu-minggu ini akan dating ke Indonesia. Terlepas dari itu semua reaksi akan kedatangan Presiden Obama ke Indonesia manyak menuai pendapat. Bagi beberapa orang merasa tidak senang karena melihat kedatangan Presiden Obama hanya akan merugikan bangsa Indonesia, tapi beberapa orang yang lain itu gak masalah, yang penting pemerintah mampu memanfaatkan situasi ini untuk memperoleh keuntungan dari kedatangan Presiden Obama ke Indonesia.

Kedatangan Presiden Obama bersamaan dengan banyak bencana di Indnesia, kira kira apa inti pembicaraan dengan pemerintah Indonesia?jangan nebak-nebak ya, saya juga gak tau. Ato mau renovasi sekolah yang dulu?he….

Kedatangan Presiden AS tersebut disambut dengan 800 an personil pengaman, he… banyak juga ya, ya maklumlah orang penting, kalau kalian orang penting juga gitu kan?
Terlepas dari semua itu semoga saja pertemuan kedua pemimpin Negara ini akan menghasilkan kesepakatan-kesepakatan yang lebih baik baik kedua Negara. Memberikan solusi bijak atas segala masalah yang diatasi kedua Negara bahkan bagi seluruh Negara di dunia.

Kita tidak boleh menghakimi seseorang itu baik atau buruk semudah kita membalikan tangan, kita tidak tau apa isi hati setiap manusia, hanya Allah yang maha tau. So…. Positive thinking aja ya pren.

Krakatau Bisa Jadi Objek Wisata

Kejadian luar biasa bagi saya, dan mungkin bagi bangsa ini. Banyak terjadi masalah, dari masalah moral masyarakat, sampai bumi pertiwi. Belum lama terjadi banjir wasior, disusul dengan gempai mentawai yang diikuti dengan tsunami, setelah itu konsentrasi terpecah lagi dengan keberadaan gunung aktif yang kembali beraksi. Bahkan ada beberapa gunung berapi yang mulai aktif kembali,

Sebagai contoh adalah Gunung anak Krakatau, yang sudah menyandang status waspada sejak setahun lalu. Status ini belum berubah sampai sekarang, meski juga mengeluarkan semburan uap panas dan lava pijar. Layaknya gunung merapi yang berkali2 sudah meletus, gunung anak Krakatau pun tidak mau kalah menunjukkan eksistensinya. Wuih bahasa apa ini??? Yang jelas soal bahaya semua berbahaya, tetapi kalau dilihat dari resiko terhadap warga tentu gunung merapi jauh lebih beresiko, karena lereng merapi banyak dihuni penduduk.

Lain hal nya dengan gunung Krakatau yang berada jauh dari pemukiman. Asalkan tidak terlalu mendekat dan mampu menjaga jarak dengan gunung Krakatau sekitar radius 2 km masih dikatakan aman. Bisa dikatakan bahwa bagi para wisatawan yang menghendaki wisata alam fenomenal bisa langsung melihat kegiatan gunung berapi. Bagaimana melihat saat keluar lava pijar atau awan panas, dengan jarak yang ideal bisa disaksikan secara jelas.

Yang perlu diwaspadai adalah bagi para nelayan agar bisa jaga jarak terhadap gunung Krakatau ini. Karena dikhawatirkan jika terlalu dekat akan terkena lemparan material gunung Krakatau. Dari peneliti dan pengawas gunung mengatakan bahwa ini tidak berpotensi tsunami, tapi tentunya warga harus tetap waspada.

Semoga banyak kejadian di negeri ini bisa disikapi dengan arif dan bijaksana. Menyadarkan kita akan kekuasaan Allah SWT yang maha dahsyat. Atas kuasanya bisa terjadi apapun tanpa kita bisa menolaknya. Semoga kita termasuk hamba yang pandai bersyukur dan bersabar.

Merapi awas

Status merapi dari satu hari sebelumnya telah naik, seluruh warga diharapkan siap-siap untuk melakuykan pengungsian ketempat yang lebih aman. Sri Sultan pun menyatakan tanggap darurat atas situasi ini. kemarin sore sekitar pukul 17.02 merapi mulai mengeluarkan kekuatannya dengan menyemburnya awan panas disertai dengan material vulkanik, beberapa jam sekitar kawasan magelang terjadi hujan abu. warga yang terjebak sampai malam hari belum terevakuasi sempat terjadi kontak. tapi seperti sudah ditakdirkan oleh yang maha kuasa, semalem telah ditemukan korban akibat keperkasaan merapi.

Sejarah merapi
Merapi adalah nama sebuah gunung berapi di Provinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta, Indonesia yang masih sangat aktif hingga saat ini. Gunung ini merupakan gunung termuda dalam kumpulan gunung berapi di bagian selatan Pulau Jawa. Letusan di daerah tersebut berlangsung sejak 400.000 tahun lalu, dan sampai 10.000 tahun lalu jenis letusannya adalah efusif. Setelah itu, letusannya menjadi eksplosif, dengan lava kental yang menimbulkan kubah-kubah lava.

Tahun 2006 lalu pun telah terjadi letusan, bahkan banker yang diperuntukan untuk perlindungan justru mengubur 2 relawan didalamnya. inilah keadaan alam sekitar gunung berapi, tanah yang subur tapi juga berbahaya.

Pada pagi ini oktober 2010 kembali gunung merapi menelan korban jiwa, termasuk juru kunci merapi mbah maridjan. Para korban rata-rata merupakan warga Kinahrejo dan Kaliadem. Korban mengalami sesak nafas, patah tulang,dan luka bakar antara 40% hingga 90%. Beberapa di antaranya harus dirujuk ke Rumah Sakit Sardjito karena mengalami luka bakar lebih dari 40%. Jumlah korban jiwa sampai pagi tadi 16 orang.

Refleksi bagi kita semua, keadaan alam yang semakin lama tidak menentu, baru kemarin gempa padang yang kembali mengguncang, banjir yang melanda dibanyak daerah, gunung merapi meletus. Begitu banyak kejadian alam menunjukan ada yagn salah dengan pola hidup kita, mungkin kita terlalu menganggap kita hebat, kesombongan dimuka bumi, hancur lah manusia karena kesombongannya sendiri... Allah maha tau atas segala sesuatu.

Sensasi Oktober 2010

Tahun sensasional dengan bulan sensasional, he... Setelah banyak orang heboh dengan tanggal pernikahan 10 oktober 2010 (10-10-10), berita heboh kembali muncul di bulan sepuluh ini, pertama: Pajek motorku bulan 10, ultah bulan sepuluh, ultah si dia juga bulan sepuluh, KTP bulan sepuluh, SIM bulan sepuluh, waduh banyak ya... itu udah bukan pertama udah banyak...

Berita yang baru-baru ini heboh adalah masalah video, wis... video apa lagi ni?? ya gak lain gak bukan ya video mas ariel gantheng sama mbak luna yang cantik (kalau ada yang gak suka ya silahkan, pendapat orang beda-beda). Waktu yang dimiliki kepolisian untuk melakukan itu apa...e... penyelidikan atau penyidikan, ah pokoknya itu ternyata hampir habis dan hampir aja mas ariel gak bisa disidangkan, he... ya jelas tu udah banyak yang protes, inilah itulah, tapi ya namanya juga hukum, jadi bukti emang harus kuat yang didukung oleh saksi, katanya sih gitu. eh akhirnya satu hari sebelum dinyatakan dibebaskan dinyatakan lengkap, jadi ya gak jadi bebas tu mas ariel. Lega gak tu yang udah demo-demo, makane percayakan sama pak polisi dulu...

Nah yang heboh tu kalau artis kena masalah kemanapun akan ada kamera, bahkan sholat jum'at aja di shooting, he... tu yang nge shoot jum'atan gak ya??? mas ariel yang baru masuk "rumah baru", melakukan sholat jum'at aja udah diberitakan kesana kemari, itu bapak bapak yang udah tua udah jum'atan berkali-kali gak dishoot, ha... jangan ngiri ya pak... Akhirnya ya rumah tahanan akan jadi terkenal karena ada artis tinggal disitu, setiap saat akan ada artis yang jenguk, yang berarti akan ada banyak kamera yang datang, makin terkenal tu.

Lepas dari semua itu sekarang bahas masalah Kapolri ama KPK, wuih... politikus baru nie... kalo Kapolri udah kepilih dengan jalan yang mulus, cuepet dan langsung dilantik, kalau KPK???? ya sabar sabar aja, ntar koruptornya gak bebas bergerakk donk. Bahkan justru yang diperdebatkan di Komisi III DPR RI malah masalah satu tahun atau 4 tahun, haduh... pusing.... kalau udah masalah itu ntar bakal tarik ulur terus dan gak bakal rampung. koruptor???? Ketawa girang coy.

Eh ada kabar baru lagi bahwa sebagian anggota DPR pada mau piknik ato studi banding ato apa ya namanya, gak tanggung-tanggung keluar negeri coy, mantap kan??? saya mah ke bali aja baru sekali itu karena gratis lagi, he.... ya moga aja habis pergi kerjaan trus beres, ya kan??? kita berpikir positif aja lah, kalau gak beres ya moga Allah SWT yang membereskan... eh jangan salah maksudnya Allah SWT yang akan membereskan masalah-masalah kita semua (sing penting ojo patah semangat).

Udah itu dulu, mohon maaf jika ada yang gak berkenan, sekedar keluarin uneg-uneg, bingung harus gimana melihat bangsa ini yang semakin lama semakin semrawut, Pak SBY semangat, saya dukung. Allahuakbar.

20 Oktober 2010

Isu demo besar-besaran di tanggal 20 Oktober 2010 memperingati setahun kerja SBY-Budiono telah menjadi bahan bagi para penyaji berita. hari ini tanggal 20 Oktober ternyata benar-benar terjadi demo di beberapa lokasi. Sebenarnya apa sih yang diharapkan dari demo ini? apakah rasa ketidak puasan?ato ajang mencari sensasi? wah itu sih silakan saja dipikirkan sendiri-sendiri oleh para pendemo.

Saya mencoba berpikir, dan ini adalah pemikiran saya pribadi. Sebenarnya apa sih untungnya berdemo?apakah dengan membuat jalan macet trus membakar, melempar batu akan menyelesaikan masalah bangsa kita? Justru menurut saya perbuatan tersebut semakin menunjukkan sempitnya cara berpikir kita. Bukan bermasksud menyalahkan siapapun, tapi dengan merusak, melempar, membakar, justru merusak fasilitas bangsa kita sendiri, kenapa tidak bisa berdemo secara baik-baik, saya yakin budaya kita adalah budaya santun, jadi setiap masalah bisa diselesaikan dengan baik. Saya melihat para mahasiswa yang begitu semangat memperjuangkan kesejahteraan masyarakat melalui demo, hmmm. semangatnya bukan main, tapi menurut saya akan lebih baik memberikan aksi dengan belajar dengan baik, tunjukkan prestasi, jadi pemimpin dan ubah bangsa ini menjadi lebih baik dengan kepandaian itu.

Saya salut dengan semangat berdemo mereka. Tapi saya kurang sependapat dengan banyak kejadian yang menunjukkan demo memberikan kesan anarkis. penutupan jalan umum, perusakan fasilitas umum, yang semua itu tidak menyelesaikan masalah justru menambah masalah. Sekali lagi bahwa ini adalah pandangan saya, kayak politikus aja, eh komentator ding... ha... semangat para pemuda, kita majukan bangsa ini dengan jalan yang baik, agar hasilnya juga baik.

MAN Wonokromo Bantul

Hari ini, sabtu tanggal 19 Juni 2010 MAN Wonokromo me Wisuda 160 siswa yang telah berhasil menempuh ujian dan lulus. Acara dibuka pukul 08.00 dan berakhir sekitar pukul 10.00 pagi, yang dilanjutkan dengan pentas seni. Wisuda kali ini memberikan 21 piagam penghargaan kepada siswa berprestasi. Para siswa berprestasi ini adalah mereka yang telah diterima di perguruan tinggi negeri tanpa tes. Ada yang masuk di Universitas Gadjah Mada, di Universitas Negeri Yogyakarta, dan Universitas Islam Negeri Sunan Kali Jaga.

Acara pentas seni dibuka dengan atraksi pendekar pendekar MAN Wonokromo, dari atraksi gerakan, pertarungan satu lawan satu, satu lawan beberapa orang, teknik mengunci, memecah botol sampai atraksi memukulkan genteng di kepala. Sebagian dari para pendekar ini adalah juara baik tingkat Kabupaten, Propinsi, bahkan ada yang tingkat Nasional.

Tentunya banyak harapan dari Bapak Ibu Guru Karyawan untuk para siswa yang telah lulus, juga kepada adik-adiknya yang masih menempuh sekolah di MAN Wonokromo tercinta.

PEMILUKADA KAB. BANTUL 2010

Hajatan pemilihan kepala daerah dibeberapa tempat telah mulai disosialisasikan, semua dapat berjalan baik dengan peran serta seluruh masyarakat. DPT yang sering menjadi persoalan jauh-jauh hari mulai telah dipikirkan. Hajatan besar daerah setiap lima tahun ini harus didukung oleh seluruh lapisan masyarakat. Harapan memperoleh pemimpin yang ideal akan terwujud dengan pemilihan yang jujur dan adil.

Di kabupaten bantul sendiri dari tahapan-tahapan PEMILUKADA telah mulai terlaksana, mulai dari pembentukan PPK, PPS, dan petugas pemutakhiran data pemilih PPDP oleh PPS. Dari beberapa tahapan yang sudah terlaksana menunjukkan bahwa ada keseriusan untuk menjalankan amanat undang-undang, dari rapat pleno terdapat jumlah DPT sebanyak 691.982 orang dengan laki-laki 333.126 orang dan perempuan 358.856 orang.

Untuk tahapan penetapan DPT dan penetapan peserta PEMILUKADA telah dilaksanakan. Dari kabupaten bantul terdapat 3 pasang calon peserta PEMILUKADA. Dijadwalkan bahwa masa kampanye para calon kepala daerah dan wakil kepala daerah berlangsung tanggal 6-19 mei 2010, yang terdiri dsari rapat umum atau non rapat umum. Setelah itu terdapat masa tenang pada tanggal 20-22 mei 2010. pada masa ini diharuskan agar para peserta PEMILUKADA segera mencopot semua atribut kampanye dan tidak diperkenankan melakukan kampanye.

Pada tanggal 23 mei 2010 direncanakan PEMILUKADA kabupaten bantul akan dilaksanakan mulai jam 07.00 sampai dengan 13.00 wib. Dilanjutkan dengan penghitungan suara di tingkat KPPS dan diserahkan ke PPK. Marilah rakyat bantul khususnya kita sukseskan PEMILUKADA kita. Ini adalah salah satu cara bagaimana kita menyalurkan aspirasi agar pemimpin yang ada adalah pilihan mayoritas masyarakat bantul, tentunya dengan menggunakan hati nurani dan pikiran yang jernih. Jauhi suap, serangan fajar, dan sebagainya. Semoga sukses dan kabupaten bantul khususnya dan seluruh kabupaten di Indonesia umumnya dapat membawa kemajuan bagi daerah.

PEMILIH YANG CERDAS AKAN MEMILIH PEMIMPIN YANG BERKUALITAS

KEPIKIRAN UN

Tanggal 26 April pagi masih ada beberapa guru yang mengantarkan surat pemberitahuan kelulusan, bagi yang belum lulus tentu akan didatangi. Bagi yang lulus maka wali yang di undang ke sekolah untuk menerima hasil ujian. Sekitar j 6 pagi seorang guru lewat depan rumah seorang siswa, sepertinya para siswa memang harap2 cemas menanti kabar. Siswa ini deg-deg an, karena sang guru berhenti di jalan depan rumahnya. Guru tersebut turun, tengok kanan kiri… si anak tadi semakin was-was, dalam pikirannya jika guru ini ketempatku maka berarti aku tidak lulus. Tanpa disangka guru ini kemudian naik motor lagi dan pergi, ternyata salah tempat….

???????????????????????????????


Ujian Nasional telah lewat, hasil telah disampaikan kemarin senin tanggal 26 April 2010. Hasilnya? Ya namanya ujian ada yang lulus ada yang gak, Ujian dimaksudkan untuk menyaring sehingga dia pantas atau tidak untuk naik tingkat ke janjang yang lebih tinggi, apakah dunia kerja atau kuliah…??? Masalah pro dan kontra tentang adanya ujian tentu akan dibahas oleh pakar-pakar pendidikan, karena mereka lah yang lebih paham harus dibagaimanakan pendidikan ini.

Terlepas dari itu semua, rasa dag dig dug para siswa peserta ujian tidak dapat dipungkiri, tapi anehnya tetep aja meski belum lulus ikut konvoi-konvoi, ya buat hiburan mungkin. Segala upaya telah mereka lakukan, dari belajar terus (mungkin??) berdoa (mungkin??) minta do’a restu ortu (mungkin??) sampai dengan mencari bocoran. Kalau hasilnya belum memuaskan ya harus legowo, berarti masih belum maksimal yang diusahakan.

Mungkin dunia pendidikan memang harus evaluasi diri, dengan tingkat kelulusan yang kurang memuaskan, mana yang harus disalahkan? Kayaknya memang kita semua harus berpikir, sebagai guru tidak bermaksud menggurui tapi alangkah bijak sebagai seorang guru lebih meningkatkan profesionalismenya untuk mengajar, jadikan ajang sertifikasi sebagai semangat semakin berprestasi dalam meningkatkan pendidikan siswa, jangan jadikan sertifikasi menjadi semangat untuk mencari gaji yang akhirnya menelantarkan siswa. Sebagai pemerintah alangkah bijak jika fasilitas pendidikan diperlengkap, agar tidak ada kesenjangan dalam dunia pendidikan antara daerah kota dengan selain kota. Bagi para ortu bimbinglah anak-anak kita agar rajin belajar, buatlah kondisi yang nyaman bagi anak untuk belajar. Bagi seluruh masyarakat dan sekitarnya dimohon agar mampu memberikan pelajaran moral yang baik, yang mampu memberikan semangat para anak untuk terus berkarya dan belajar.

Bukan bermaksud menggurui siapapun tapi masalah ini adalah masalah kita bersama, mulai dari diri kita sendiri, keluarga kita, tentu hasilnya akan baik pula buat kita sekitar kita dan bangsa kita.

Masyarakat-Aparat Menjadi Korban

Tanggal 14 April 2010, hari Rabu yang tragis bagi bangsa Indonesia. Memilukan sekaligus memalukan. Bangsa Indonesia sudah terlalu banyak tindak anarkis, dan itu tidak pernah dipikirkan kenapa bisa terjadi. Sebagian besar semua terjadi antar kekuasaan dan rakyat kecil. Tanggal 14 April 2010 adalah sebuah peringatan bagi seluruh umat, bahwa penindakan dengan kekerasan tidak akan menyelesaikan masalah, justru akan menambah masalah baru. Warga mempertahankan apa yang mereka anggap benar sementara aparat juga hanya menjalankan tugas.

Makam Mbah Priok, sebuah makam yang dikeramatkan bagi umat muslim. Mbah Priok adalah salah satu pembawa dan pensyiar Islam di daerah Koja, utamanya Priok. Menurut berbagai sumber dari masyarakat beliau wafat dan dimakamkan di daerah priok tersebut, bahkan nama priok menurut warga juga diambil dari nama beliau. Makam Mbah Priok menjadi tempat bagi para muslimin muslimat untuk berziarah, mereka melantunkan do'a dan tahlil, mengagungkan Asma Allah SWT. Terlepas dari semua itu sebagian tanah yang ada disekitar makam diklaim oleh 2 pihak, PT Pelindo dan Ahli waris Mbah Priok. Tak tau mana yang benar tapi memang Makam sudah ada sejak jaman dahulu, sekitar abad 18.

Hari rabu tanggal 14 April pagi sekitar jam 7.30 telah terjadi bentrokan yang sangat memiriskan hati, karena yang bentrok adalah sesama warga Indonesia, siapa yang patut disalahkan?warga menganggap bahwa penertiban adalah untuk menggusur makam, sedangkan wagub mengatakan hanya menertibkan bangunan sekitar makam saja. Manakah yang benar?kenyataan yang terjadi apapun yang dimaksudkan oleh pemprov, adalah terjadi bentrok mengakibatkan jatuh korban, mereka juga warga kita juga.

Banyak yang berandai-andai mungkin tidak akan terjadi jika pemerintah mampu melihat situasi sebelum terjadi penertiban, menurut saya benar juga, tapi semua sudah terjadi. Sekarang yang perlu dilakukan adalah menenangkan warga, memberikan rasa nyaman, selesaikan dengan baik-baik, usut secara jelas mengapa bisa terjadi, siapa yang harus bertanggungjawab. Bangsa indonesia sudah dewasa, sudah merdeka sekian puluh tahun, maka sepatutnyalah semakin arif dan bijaksana dalam menanggapi setiap permasalahan yang ada. Jadikan pelajaran bagi pemerintah agar lebih berhati-hati dalam mengambil kebijakan untuk warga, juga jadikan pelajaran bagi warga bahwa kekerasan hanya akan membuat kerugian di kedua belah pihak yaitu warga sendiri juga aparat terutama Satpol PP.

Jalan Penuh Kemesraan


Daerah sekitar bantul terkenal dengan berbagai keindahan alam. Terdapat pantai, wisata gunung yang indah, dan lain-lain. Beberapa hari yang lalu saya bersama teman mencoba melintasi daerah bantul lereng sekitar Dlingo. Perjalanan dimulai dari MAN Wonokromo untuk menuju ke Wonosari. Rute yang dilewati lumayan berat... bahkan motor baru sempat macet ditengah jalan karena tidak mampu melewati tanjakan yang begitu tajam. Satu tanjakan yang terkenal ketajamannya adalah daerah Dlingo yang dikenal dengan sebutan Tanjakan Cino Mati, wuih keren ya...

video


Jika teman-teman ingin mencoba silakan saja untuk mengetes keberanian, gak usah takut, jika sudah biasa tentu gak masalah, karena masyarakat sekitar juga sudah terbiasa dengan keadaan jalan yang seperti itu. keindahan alam ciptaan Allah SWT yang harus kita syukuri, semakin kita berpikir maka semakin kita menyadari bahwa alam ini begitu indah untuk dinikmati. yang jelan pastikan rem sepeda motor anda sehat, apalagi untuk menuruni bukit, jika sampai lepas kendali maka ya juranglah muaranya.

Dlingo terkenal daerah yang indah dengan pemandangan alamnya, karena masih banyak pohon-pohon rindang yang masih mengayominya. Bagi yang suka tantangan berkendara mungkin pantas untuk dicoba. saya bandingkan dengan tanjakan di kopeng saya rasa rame lah kondisinya. Tapi untuk tanjakan Cino Mati menurut saya belum ada tandingannya, he... soalnya saya belum menemukan yang lain yang lebih tajam dari tanjakan ini, saya membayangkan bagaimana dulu mengaspalnya ya? apa gak takut melorot ke jurang. Dah itu dulu sekilas infonya, bagi yang berkeinginan silakan coba lewat bantul atau wonokromo ke timur arah wonosari. Selamat mencoba bagi anda yang penasaran

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Modern Warfare 3